Senin, 24 September 2012

Kesehatan Rambut

AKAR YANG SEHAT DAN KUAT MERUPAKAN AWAL DARI RAMBUT YANG SEMPURNA


Rambut adalah barometer kesehatan anda. Rambut terbentuk dari berbagai hal dan faktor yang saling berhubungan. Selain keratin ( terbuat dari sel protein ) yang menjadi unsur utamanya, rambut juga berhubungan dengan darah ( terutama pada akar rambut ) dan juga berhubungan dengan akar hormon.  Karena itu, tak berlebihan rasanya jika rambut kemudian dianggap sebagai ‘mahkota’ manusia. Karena ekstensinya bisa menjadi penunjukkesehatan seseorang yang prima, bahkan bisa menunjang rasa percaya disi seseorang.
Setiap helai rambut terdiri atas 3 lapisan : Cuticle, Cortex, Medulla. Ketiga lapisan tersebu memiliki tugasnya masing masing. Seperti Cuticle atau kutikula berfungsi menjaga rambut dari faktor luar. Didalam Cortex terdapat sel berbentuk serat yang berfungsi menjaga kekuatan dan elastisitas rambut. Bahkan didalam Cortex juga terdapat melamin, pigmen yang memberi warna pada rambut. Sedangkan medulla terbentuk dari sel keratin yang sangat rembut yang berfungsi menyuplai oksigen dan makanan hingga ke ujung rambut. Untuk mejaga agar lapisan dalam helaian rambut berfungsi maksimal, dibutuhkan perawatan maksimal. Jika tidak dirawat secara optimal. Anda akan mengalami berbagai masalah pada rambut berikut ini :

RAMBUT RONTOK
Pertumbuhan rambut dibagi menjadi 3 fase yaitu: anagen ( bisa mencapai 4 tahun ketika rambut tumbuh dengan aktif } , Catagen ( berusia sekitar 20 hari ketika rambut mulai berhenti tumbuhnamun masih tetap aktif ) , serta fase telogen ( berlangsung selama 90 hari ketika rambut benar – benar berhenti tumbuh dan gugur ). Karena itulah rambut pasti berguguran sebagaimana dedaunan dari pohon. Batas normal rambut yang ‘gugur dalam sehari maksimal adalah 100/ hari. Akan tetapi ada juga rambut yang mengalami kerontokan artinya rambut tersebut belum melewati fase talagen namun gugur karena faktor tertentu, seperti gizi buruk, sakit, dalam masa pengobatan, stress, paparan sinar matahari yang berlebihan atau pemakaian produk serta alat styling rambut yang berlebihan. Jika kondisi ini dibiarkan, akan menyebabkan kebotakan. Oleh karena itu, selain menerapkan pola makan sehat yang kaya akan protein, dibutuhkan juga perawatan intensif untuk membantu meningkatkan kekuatan akar dan batang rambut secara optimal.

RAMBUT BERCABANG
Masalah rambut bercabang tampaknya bukan masalah baru bagi banyak orang. Meski terkesan ringan, pada dasarnya masalah rambut bercabang perlu diperhatikan dengan seksama. Pasalnya, rambut bercabang menunjukan kondisi rambut yang kurang sehat atau kurang nutrisi. Jika kondisi ini dibiarkan, dikhawatirkan akan terjadi masalah rambut lainnya yang lebih parah. Selain itu, ujung rambut yang bercabang bisa terjadi karena rambut yang kering dan terlalu sering terpapar sinar matahari. Pemakaian tabit surya khusus untuk rambut bisa menjadi solusi yang tepat.

RAMBUT KUSAM
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, rambut merupakan cermin kesehatan anda, dan rambut yang kusam merupakan cermin kesehatan anda yang kurang baik. Rambut kusam bisa menjadi barometer gizi yang kurang seimbang, perawatan yang tidak tepat dan teratur , atau pemakaian produk yang berlebihan. Tidak hanya kulit kepala, rambut juga perlu dirawat secara intensif agar tampak sehat. Pemakaian produk home care seperti hair serum atau hair glossy, serta shampo kaya nutrisi bisa menjadi solusi perawatan yang tepat dirumah.

RAMBUT KASAR, MUDAH PATAH DAN SUKAR DIATUR
Ada banyak faktor yang menyebabkan rambut kusam dan sukar diatur.rambut kasar biasanya dikarenakan susunan kutikula pada batang rambut tidah rapih dan menutup secara sempurna, sehingga memberi kesan rambut kasar. Sedangkan rambut sukar diatur dan mudah patah, biasanya disebabkan karena faktor elastisitas rambut sangat rendah.


SELALU ADA SOLUSI

HAIR REFRESH
Pada dasarnya perawatan ini bertujuan untuk mengembalikan kekuatan akar rambut secara optimal. Apalagi perawatan ini memberi nutrisi dan kesegaran baru pada rambut secara intensif. Dalam prosesnya , perawatan ini menerapkan 3 langkah uttama, yauti intensif treatment dengan vital repair yang mengandung ceramide guna mengisi lapisan kutikula yang poros serta membantu meningkatkan fleksibilitas dan elastsitas rambut. Special massage yang berfungsi memberi tekanan pada titik akupresure di kulit kepala yang membantu melancarkan peredaran darah sekaligus rileksasi, serta pemakaian masker untuk menguatkan dan melindungi rambut secara optimal sekaligus mengontrol kelembapan alami rambut.

HAIR MASK
Seperti kulit wajah yang perlu asupan nutrisi dengan pemakaian masker yang teratur dan kaya akan nutrisi bagi rambut sangat disarankan untuk dilakukan secara rutin demi menjaga vitalitas rambut yang optimal. Apalagi jika rambut dalam kondisi kurang sehatr, seperti kering, kusam bahkan mudah patah dan rontok. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, perawatan ini sebaiknya dilakukan pada rambut yang bersih (misalnya sehabis keramas) dan dilakukan rutin setiap minggunya. Pilih juga produk yang kaya akan nutrisi yang baik bagi rambut serta terapkan pemijatan ringan setelah masker dibilas untuk membantu menyegarkan kulit kepala.

HAIR SPA FOR HAIR LOSS TREATMENT
Sesuai dengan namanya, perawatan ini berfungsi mengatasi kerontokan rambut dengan pemakaian produk berbahan utama air dna nutrisi penting bagi rambut yang menyegarkan. Selain menerapkan proses pembersihan dan pemijatan yang opt imal, perawatan ini juga diperkaya dengan aroma yang menyegarkan. Sehingga memberi efekyang sangat baik pada rambut. Dan dilengkapi dengan produk unggulan untuk membersihkan kulit kepala dan mencegah timbuklnya ketombe.

CREAMBATH
Seperti halnya perawatan masker, creambath juga dapat dilakukan secara rutin untuk menjaga kondisi rambut. Untuk memperoleh hasil sesuai dengan yang diinginkan,  gunakanlah creambath rambut yang terbuat dari bahan alami yang khasiatnya sesuai dengan kondisi atau kebutuhan rambut. Misalnya: gingseng untuk menguatkan akar dan batang rambut, lidah buaya untuk menyuburkan rambut, avokad untuk melembapkan dan menghaluskan rambut, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar